Selamat datang di situs kami, Lerak Asli Indonesia Ronsari NL
Latest News

Lerak Cair dan Sari Lerak Ronsari NL


Lerak Cair dan Sari Lerak Ronsari NL

Saat menggunakan biji atau buah lerak untuk mencuci, kita harus merendam, meremas-remas biji terlebih dahulu di dalam air, hingga keluar minyak.  Butuh beberapa biji lerak hingga minyak yang mengandung zat pembersih itu dapat berfungsi dengan maksimal. 



Di tengah jaman serba praktis seperti sekarang,  lerak mulai dikemas dan diolah dalam bentuk cairan, sehingga memudahkan pemakaiannya. Ada sejumlah produsen yang membuat lerak cair dan menjualnya dalam botol dengan berbagai ukuran. Rata-rata, 100 ml-330 ml.  Pada dasarnya proses ramuannya sama dan sederhana. Lerak direndam, dipisahkan antara kulit dan bijinya, hingga keluar minyak yang mengandung saponin/cairan yang membersihkan. Setelah itu dikemas dalam botol. Meskipun sama, namun masing-masing produsen mempunyai kekhasan masing-masing dalam meramunya. Ada yang menambah beberapa campuran untuk membuat produk mempunyai  nilai jual lebih, seperti soda, pengawet (kimia) ataupun aroma yang bisa mengurangi/menghilangkan bau lerak. 



Hal yang membedakan   lerak cair yang berkualitas atau tidak, terlihat dari :
1. Busa tidak dapat ditiup seperti balon.
2. Larutkan lerak dalam air, aduk, hingga berbusa, ditangan akan terasa tidak lengket/tidak pliket.
3. Masukkan kain dalam larutan lerak yangtelah berbusa kucek perlahan, maka busa lerak tidak akan bertambah, tetapi sedikit berkurang, oleh karena itu mencuci dengan lerak sangat menghemat air (sedangkan sabun yang mengandung soda/taxafam akan semakin berbusa ketika kain kita kucek).
4. Warna larutan lerak : coklat muda, coklat kehijauan, coklat tua, hitam.  (tergantung struktur tanah ketika menanam).
5. Memiliki aroma yang sangat khas.
6. Cairan yang didalam botol tetap akan bersuara setelah dikocok berkali kali. (Bila yang dicampur oleh soda, suara cairan akan hilang karena berubah menjadi busa tebal).
7. Tidak menimbulkan kerusakan pada produk yang dicuci, terutama yang berbahan dasar perak.


Sari Lerak Ronsari NL, yang diproduksi sebagai home industry di daerah Kabupaten Sleman, merupakan salah satu produk lerak cair yang berkualitas. Dengan ciri khas pada aroma yang berbeda-beda, Ronsari-NL mulai diproduksi secara serius pada tahun 2007. Berawal dari 2 kg per bulan, kini, mereka dapat memproduksi hingga 250 kg per bulan. Itupun, bisa dibilang belum mencukupi pemesanan yang dari waktu ke waktu terus meningkat.


Pada dasarnya Ronsari-NL, adalah pemain baru dalam industri lerak cair, dan awalnya kami tidak bermaksud untuk menjadi pemain saingan bagi produk sejenis. Namun entah mengapa, lonjakan produksi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, membuat kami harus dengan sadar diri menerima kenyataan, bahwa produk kami diminati berbagai pengguna. Juga beberapa penghargaan yang kami terima, baik dari tingkat kabupaten hingga propinsi, semakin menguatkan  bahwa lerak cair Ronsari NL adalah produk yang berkualitas. 


 Sebagaimana anjuran dari pemkab Sleman, kami pun mendaftarkan diri untuk mendapatkan hak paten merk dan produk Ronsari NL. Semua persyaratan sudah kami penuhi, tinggal menunggu persetujuan dan sertifikatnya. Sementara TDI (Tanda Daftar Industri), sebagai salah satu syarat untuk menjual produk, sudah kami dapatkan. Dukungan dari Dinas Pertanian, Perindustrian, Perekonomian, Pariwisata dan Lingkungan Hidup serta UPK Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, sangatlah berarti dan menjadikan  Sari Lerak Ronsari NL sebagai produk andalan pengrajin masyarakat di Kabupaten Sleman. (nov 20111)


- fma-


 




Updated 11 Feb 2012 08:58
Latest News : Lerak dan Sirih, Pilihan Alami Pengganti Sabun Cuci Tangan