Selamat datang di situs kami, Lerak Asli Indonesia Ronsari NL
Latest News

Lerak Cair Ronsari NL di tahun 2009 - 2011


Lerak Cair Ronsari NL di tahun 2009 - 2011

Berikut ini adalah kegiatan detil lerak cair Ronsari NL di tahun 2009 - 20011


TAHUN 2009
1. Pasar malam sekaten, mengikuti stand Dekranas Kota Yogyakarta (Dewan Kerajinan Nasional)
2. Mengikuti beberapa event di Jakarta yang dibawa oleh Ibu Mardjo, Dekranas kota Yogya
3. Mengisi stand pada acara lomba Bina Keluarga Remaja, sebagai wakil dari Padukuhan di Kelurahan Catur Tunggal
4. Mendapat stimulan dari UPK Kecamatan depok (bantuan lunak pengembangan usaha 3 jt)


TAHUN 2010
1. Memperoleh stand pembinaan dalam event GTT (gelar teknologi Tepat Guna) Tingkat Nasional di JEC Tahun 2010, Penyelenggara Kantor Pemberdayaan Perempuan Pusat. Diikuti oleh seluruh provinsi yang ada di Indonesia
2. Memberoleh stand pembinaan dalam event Gelar Produk Unggulan Yogyakarta, di Malioboro mall, penyelenggara Perindagkop Provinsi DIY
3. Memperoleh stand delam event Pasar Malam sekaten di stand Humas Kabupaten Sleman
4. Memperoleh Stand dalam event Hari Keluarga Nasional (Harganas 2010) di Lapangan Denggung Kabupaten Sleman, penyelenggara Pemprov DIY
5. Memperoleh Stand dalam event Hari Jadi Pemkap Sleman dai lapangan Denggung, penyelenggara Humas Kab. Sleman
6. Mendapat kepercayaan dari pemkab. Sleman : dipercaya menerima tamu 36 orang dari Kapuas, Provinsi Kalteng yang terdiri dari perwakilan anggota dewan, kepala desa, beberapa camat dan para pelaku UPK (ada 2 pengrajin yang ditunjuk, salah satunya Ronsari NL)
7. Mendapat kepercayaan dari pemkab. Sleman : dipercaya menerima tamu 25 orang dari Jambi,  yang terdiri dari perwakilan perwakilan dari kabupaten, anggota dewan, kepala desa, beberapa camat dan para pelaku UPK (ada 3 pengrajin yang ditunjuk, salah satunya Ronsari NL)
8. Mendapat kepercayaan dari Dinas Pertanian kab. Sleman, produk Ronsari NL dibawa dalam berbagai event pameran di Jakarta (oleh Ibu Rini Pertanian Sleman)
9. Mendapat stimulan dari UPK Kecamatan Depok tahap ke-2 (bantuan lunak pengembangan usaha 3.450.000)
10. Mendapat kredit usaha Mikro dari Bank Mandiri 20 jt
11. Mendapat bantuan hibah murni (untuk kelompok) dari pemkab Sleman melalui perindagkop sebesar 5 jt
12. Menerima kunjungan dari Pemkab Sleman : pengurusan ijin industri rumah tangga (terdiri dari 5 instansi terkait yang mengunjungi)
13. Mendapat stand pameran di Ambarukmo Plasa dari Perindagkop Propinsi, dalam rangka pengrajin sleman bangkit kembali pasca erupsi merapi


Tahun 2011
1. Ijin Usaha diterbitkan oleh Dinas Perijinan Kab. Sleman
2. Ijin Industri berupa Tanda Daftar Industri turun dari perindagkop Sleman
3. Dipercaya menjadi nara sumber Peluang Usaha Sampingan Kaum Perempuan oleh  P2KP Kalurahan Catur tunggal (Proyek Pengentasan Kemiskinan Perkotaan)
4. Dipercaya menjadi nara sumber Motivasi Usaha Perempuan oleh UPK-Kecamatan depok dalam forum SPP PNPM Mandiri (Simpan Pinjam Perempuan-Proyek Nasional Pemberdayaan Masyarakat)
5. Mendapat bantuan tahap ke-3 dari PNPM Mandiri UPKKec. Depok ; 4 jt
6. Mendapat bantuan murni pengurusan Haki merek dari Bupati Sleman sebesar 1 juta
7. Mendapat stand Invesda di JEC (Investasi Daerah) dengan  Penyelenggara Kantor Pemberdayaan Perempuan
Ronsari NL mewakili UPK (Unit Pelaksana Kegiatan) Kecamatan Depok tampil dalam event Nasional ini, Gelar Kreasi Karya Perempuan Indonesia  selain membawa produk unggulan lerak cair. Investasi daerah diikuti oleh seluruh  provinsi di Indonesia. Dari berbagai daerah banyak yang belum mengetahui tentang buah sabun ini.
8. Mendapat stand Tanggal 8 Desember 2011, bertempat di Kelurahan Catur Tunggal, Depok Sleman, Penyelenggara  PKK Pusat
Acara Evaluasi Kesatuan Gerak PKK, KB. Oleh tim evaluasi dari PKK Provinsi, dimana Sleman masuk urutan ke-2 di Yogyakarta. Untuk maju ke tingkat nasional semua kegiatan administrasi dan kegiatan lapangan terkait dengan program Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), yaitu kegiatan keluarga yang berhubungan dengan penambahan pendapatan keluarga.
Ronsari NL termasuk salah satu yang diminta mewakili untuk menyampaikan presentasi tentang usaha tersebut di hadapan tim evaluasi dari provinsi, karena merupakan pelaku usaha keluarga yang mampu memberikan kontribusi bagi keluarga yang lain di lingkungan sekitar. Ronsari NL juga selalu berupaya mengingatkan kembali akan arti pentingnya keseimbangan alam yaitu dengan memanfaatkan buah lerak yang disediakan oleh alam bagi kebutuhan sehari-hari (mencuci piring, membersihkan seluruh perabot rumah tangga, mengepel lantai, mengobati penyakit kulit, mengobati ketombe, mengobati jerawat, menghambat laju pertumbuhan jentik-jentik nyamuk) sampai dengan arti pentingnya menanam kembali pohon lerak untuk kelestarian alam Indonesia.
Antusias tim evaluasi terbukti ketika secara detail dari Ronsari NL menyampaikan hal tersebut, lebih dari 10 menit tim evaluasi tidak beranjak dari stand dimana kami display, banyak hal yang baru mereka ketahui tentang lerak. Mereka berkomentar :  ternyata alam kita betul-betul kaya, terima kasih telah berupaya mengembangkannya, terutama kepada Ronsari NL, teruskan dan semoga semakin berkembang, jangan lupa lanjutkan memberdayakan masyarakat sekitar untuk menuju keluarga sejahtera


Jelas terlihat, bahwa eksistensi lerak cair Ronsari NL semakin kuat dari tahun ke tahun. Tidak semata penjualan yang semakin meningkat, namun juga kesadaran masyarakat serta kesempatan yang semakin luas untuk pemberdayaan   masyarakat sekitar, terutama perempuan, memberikan kepuasan tersendiri bagi kami. Alhamdulillah


Dari lerak untuk Indonesia...


Salam Ronsari NL


~Naning, 2011~


Updated 11 Feb 2012 08:19
Latest News : Lerak dan Sirih, Pilihan Alami Pengganti Sabun Cuci Tangan