Selamat datang di situs kami, Lerak Asli Indonesia Ronsari NL
Latest News

Prestasi Lerak Cair Ronsari NL


Prestasi Lerak Cair Ronsari NL

Dalam perjalanan memproduksi lerak cair Ronsari NL, tak sedikit aral melintang yang dihadapi oleh kami. Tantangan kami mulai dari proses promosi di awal tahun kami bergerak, dan juga proses produksi.



Dari sisi produksi adalah bahan baku yang mulai langka dan mahal. Dalam proses produksi, kami mengetahui bahwa tidak semua biji lerak dapat digunakan untuk produksi. Ada jenis-jenis lerak tertentu yang tidak menghasilkan minyak dan saponin yang berfungsi untuk membersihkan. Disamping itu, jenis tanah yang berbeda turut mempengaruhi warna biji lerak. Hal ini  yang membuat warna sari lerak tidak dapat standart. Meskipun demikian, kualitas tetap kami pertahankan. Kami tetap memprioritaskan mencari biji lerak yang mengandung saponin yang banyak, sehingga  proses produksinya dapat lebih efisien dan efektif.  Menjadi tantangan tersendiri untuk menjaga harga yang kompetitif dengan kualitas prima dan bahan baku yang tidak banyak. Itulah mengapa, salah satu visi kami adalah menjadi pelopor dalam pembibitan biji lerak sebagai upaya melestarikan alam Indonesia.



Sementara itu, dari sisi marketing, pada awalnya banyak toko yang enggan menerima produk kami untuk dijual di tokonya.  Selain karena sudah ada produk sejenis, juga karena banyak yang belum kenal dengan produk dan kualitas kami. Meskipun demikian, kami tidak menyerah. Berkat ketelatenan dan keuletan tim kami, kami berhasil meyakinkan toko-toko batik di kota Jogjakarta untuk menerima produk kami.  Tak disangka dan tak dinyana, dalam waktu singkat, pembeli mulai menunjukkan antusias terhadap lerak cair Ronsari NL.  Mereka mengakui kemurnian dan kualitas sari lerak serta inovasi kami dalam aroma.


Segmen konsumen kami pun mulai bervariasi dan meluas. Tidak hanya pecinta batik yang mengkonsumsi lerak cair Ronsari NL, tapi juga para pengrajin perak, serta  para pemakai  pampers cloudy.  Mereka bisa merasakan sendiri  kandungan lerak cair Ronsari NL ini bebas dari soda, ataupun pengawet berbahan kimia, yang bisa merusak produk mereka.


Disisi lain, dukungan dari pemerintah setempat sangatlah kuat. Mulai dari UPK Kecamatan Depok Sleman hingga pemkab Sleman. Tidak kurang dari 5 instansi dinas terkait yang memberikan kontribusi signifikan terhadap  lerak cair Ronsari NL. Mulai dari Dinas Pertanian, Perindustrian & Perdagangan, Perekonomian, Pariwisata dan Lingkungan Hidup, memberikan dukungan atas produk kami. Bagi mereka, kami adalah pengrajin lerak yang patut dibanggakan. Selain karena kualitas produksinya, juga karena upaya kami dalam menyediakan lapangan kerja di lingkungan sekitar rumah kami.


Beberapa prestasi yang sudah kami raih dalam beberapa tahun terakhir :

  • Stimulan senilai 4 juta dari UPK Kecamatan Depok Kabupaten Sleman sebanyak 3x.
  • Hibah sebesar 5 juta untuk kelompok dari Perindaskop Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta.
  • Bantuan stand gratis di beberapa event pameran.
  • Kunjungan dari Kapuas Kalteng dan Jambi.
  • Pinjaman usaha mikro dari Bank Mandiri.
Detilnya dapat dilihat di Lerak Cair Ronsari NL di tahun 2009 - 2011


Satu hal yang menjadi ciri khas kami. Ibu Naning Ludi sebagai pendiri sari lerak Ronsari NL, selalu melakukan transfer knowledge kepada siapapun dan dimanapun mengenai manfaat pemakaian lerak.  Dalam berbagai kesempatan, baik tingkat kumpulan RT hingga skala yang lebih luas, Ibu Naning juga menjelaskan secara konkrit lerak cair yang berkualitas.


Mungkin memang belum banyak prestasi yang bisa kami banggakan, tapi kepedulian Ibu Naning yang tinggi untuk memanfaatkan lerak, dukungan yang nyata dari pemerintah setempat, serta lonjakan produksi dari waktu ke waktu, buat kami, sebagai pemain baru, sungguhlah berarti sekali. Kami berharap lingkaran kecil ini semakin besar dan besar, dan alam Indonesia pun terselamatkan hingga waktu tak terkira. (Nov 2011)


Salam Ronsari NL


Maya 


Updated 11 Feb 2012 08:57
Latest News : Lerak dan Sirih, Pilihan Alami Pengganti Sabun Cuci Tangan