Selamat datang di situs kami, Lerak Asli Indonesia Ronsari NL
Latest News

Lerak Cair Ronsari NL dan aplikasinya


Lerak Cair Ronsari NL dan aplikasinya

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, begitu banyak manfaat lerak cair, terutama dalam hal cuci mencuci.


Umumnya lerak cair sering digunakan untuk mencuci batik. Hal ini tidak bisa dipungkiri, bahkan sudah menjadi rahasia umum dan tradisi selama ini. Para nenek buyut kita, perlu merendam satu malam kain batiknya sebelum keesokan harinya dibilas dan diangin-anginkan. Selainkarena hemat, alasan mereka untuk menjaga warna tetap bagus, cerah dan tidak pudar, menjadi hal yang utama. Pada dasarnya tidak hanya batik yang sebaiknya dicuci dengan lerak cair, namun juga kain lain yang menggunakan pewarna alami, seperti kain tenun,sesirangan dan lainnya.


Mengapa tidak boleh menggunakan sabun? Karena sabun, atau shampoo atau pelembut cucian ataupun sabun bayi, menggunakan bahan kimia yang  tidak mempunyai fungsi mengikat warna, sehingga warna cepat pudar. Sementara lerak cair mengandung saponin yang berfungsi untuk mengikat warna, sehingga warna tetap bagus. Memang, kadang rasanya tidak mantap kalau mencuci baju, misalnya, tanpa ada busa yang melimpah.  Ini salah satu alasan mengapa kebanyakan orang menggunakan sabun bersoda. Padahal lerak cair pun dapat berbusa, sebagaimana sabun pada umumnya. Bisa banyak seperti sabun cuci bersoda umumnya.  Hanya saja, banyak atau tidaknya busa pada lerak sangat tergantung pada jenis lerak dan kualitas tanah yang digunakan untuk menanam.


Kembali ke topik batik. Sebetulnya sayang kan, kalau  kain tenun atau batik, yang harganya lumayan menguras kantong, warna pudar hanya karena perawatannya tidak maksimal. Bisa saja, kita mencuci di laundry, seperti yang ada di beberapa tempat. Tapi apakah ada yang bisa menjamin mereka tidak menggunakan sabun bersoda? Dan secara biaya, biayanya pun cukup lumayan bila  kita sering menggunakan batik.


Selain untuk mencuci baju/pakaian batik/tenun yang kita miliki, lerak cair Ronsari NL pun efektif untuk mencuci  cloudy pampers.  Cloudy pampers adalah popok pakai ulang, yang bahan dan modelnya dibuat secara khusus sehingga kotoran bayi tidak tembus dan  bisa dipakai ulang. Karena bahannya yang khusus ini pula, dia tidak bisa dicuci sembarangan dengan sabun bersoda.  Pemakaian sabun bersoda dan mengakibatkan daya serapnya menjadi berkurang dan berakibat mudah bocor. Mungkin kita akan menyalahkan kualitas cloudy pampers yang kurang bagus, namun sesungguhnya karena perawatan kita yang kurang benar. Seperti halnya yang dialami oleh seorang ibu di Jogjakarta yang menggunakan cloudy pampers pada anaknya. Ia tidak tahu kalau cloudy pampers tidak boleh menggunakan sabun, dan ia sering mengeluh cloudynya sering bocor. Sampai akhirnya ia mendapat informasi untuk menggunakan lerak cair dalam mencuci cloudy. Barulah dia mempraktekkan, dan ternyata terbukti efektif. Selain bau sisa kotoran bisa hilang sama sekali, daya serap cloudy pampers tetap terjaga dan jadi awet.  Dan agar lebih hemat dan praktis, sang ibu membeli lerak cair Ronsari NL dalam bentuk literan. Satu solusi teratasi sudah.


Memang sedikit repot, namun demi kenyamanan si kecil dan juga upaya untuk ramah lingkungan, Ibu tersebut tetap menggunakan lerak cair Ronsari NL untuk mencuci cloudy kesayangannya. Satu masalah teratasi.


Masih banyak manfaat lain lerak cair Ronsari NL. Tidak hanya ibu rumah tangga yang bersentuhan langsung dalam urusan cuci mencuci, tapi juga para pengrajin perak yang mengakui efektivitas Ronsari NL dalam mencuci perak-peraknya. Karena tidak ada cairan pengawet, perak–perak tersebut tetap bagus seperti yang diharapkan.


Hmm.... lalu kita menunggu apa lagi? Harga terjangkau, memiliki manfaat yang banyak, dan secara langsung kita turut andil dalam menciptakan eco green. (Nov 2011)



Salam lerak cair Ronsari NL
-fma-


Updated 02 Jan 2012 17:42
Latest News : Lerak dan Sirih, Pilihan Alami Pengganti Sabun Cuci Tangan